Butuh Bantuan? Customer Service Material Bangunan Green Semarang siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » » Cara menghitung kebutuhan besi untuk cor dak lantai beton

Cara menghitung kebutuhan besi untuk cor dak lantai beton

Ditulis pada: 28 Agustus 2014 | Kategori:

Ini kita buatkan contoh menghitung kebutuhan besi untuk cor dak lantai beton yang sering dipakai untuk rumah, gedung, jembatan, jalan atau struktur lainya. cara menghitungnya cukup sederhana dan mudah namun perlu ketelitian agar hasil perhitungan nantinya tidak salah. Akan sangat baik jika saat pelaksanaan pembangunan bisa membeli atau mendatangkan besi dalam jumlah pas, o.k langsung saja kita mulai penjelasanya .

Misalnya kita akan membuat plat lantai beton ukuran 3m x 6m, tebalnya 12 cm, besi yang digunakan adalah 10-200 (artinya besi diameter 10mm dipasang dengan jarak 200 mm). besi dipasang pada bagian atas dan bawah.

Hitung-besi-plat-lantai

Jumlah besi Arah datar ( panjang 6m)

  • Sepanjang 6m ada berapa batang besi jika jarak pemasanganya 20 cm? untuk mengetahuinya dapat dihitung begini = 6m : 0,2 m = 30 bh. karena dipasang atas dan bawah maka ada 30bh x 2 = 60 bh batang.
  • 1 batangnya berapa m? kita lihat jarak sisi tegaknya yaitu 3m.
  • Nah.. jumlah batangnya sudah kita ketahui, panjang perbatangnya juga sudah kita ketahui. jadi total besi yang diperlukan yaitu 60 bh x 3m = 180 m.

Jumlah besi Arah tegak (panjang 3m)

  • Langkah perhitunganya sama seperti langkah perhitungan pada arah datar, jumlah besi yang terpasang 3m : 0.2 m = 15bh, dipasang atas bawah jadi ada 30bh.
  • 1 batangnya mempunyai panjang 3m,
  • Panjang besi perbatang yaitu 30bh x 6m = 180m.

Jadi total kebutuhan besinya adalah 180 m + 180 m = 360 m. jika panjang besi perbatang 12 m , maka bisa kita cari tahu berapa batang butuhnya. caranya yaitu 360 m : 12 m = 30 batang.

Jika hendak mengetahui berapa kg butuhnya, maka bisa melihat tabel besiuntuk mengetahui berat besi diameter 10mm permeternya. dari tabel tersebut dapat kita lihat berat besi 10 polos permeter yaitu 0,617 kg. jadi total berat yang dibituhkan adalah 0,617 kg x 180 m = 111,06 kg.

Kebutuhan beton pada plat tersebut dapat kita hitung 3m x 6m x 0,12m = 2,16m3.

Kesimpulan kebutuhan besi, jadi untuk membuat plat beton ukuran 3m x 3m, dengan besi tulangan 10-200 dua lapis atas bawah, kita butuhkan besi sebagai berikut

  • Ukuran Pelat = 3 m x 6 m
  • Besi 10 – 200
  • Jumlah m = 180 m
  • Jumlah batang  = 30 btg
  • Jumlah berat = 111,06 kg
  • Beton = 2,16m3.

 

 

sumber artikel : ilmusipil.com

Cara menghitung kebutuhan besi untuk cor dak lantai beton | Buana Paksa Indonesia

Tags: cara menghitung kebutuhan besi, cara menghitung kebutuhan besi cor, Cara menghitung kebutuhan besi untuk cor dak lantai beton, cara menghitung kebutuhan semen, menghitung besi cor

Komentar dinonaktifkan: Cara menghitung kebutuhan besi untuk cor dak lantai beton

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

harga di website tidak mengikat dan dapat berubah-ubah untuk update silakan hubungi Customer Care kami

Atap UPVC Amari Balikpapan

Ditulis pada: 17 Januari 2019

Atap UPVC Amari Balikpapan adalah produk atap ringan yang berkualitas dan diproduksi dengan diferensiasi pada teknologi untuk menghadirkan produk yang lebih awet dan murah. PT Suryasukses Inti Makmur sebagai perusahaan terkemuka yang bergerak di bidang plastis, memperkenalkan atap Amari sebagai terobosan... Baca selengkapnya »

ACP Lombok

Ditulis pada: 16 Januari 2019

ACP Lombok (Aluminium Composite Panel) adalah produk unggulan bangunan untuk menangani keperluan design interior yang terbaik awet murah terjangkau serta tidak mudah pudar dan beberapa merk lain seperti Alucubond, Alustar dan Denka. Konsumen tidak perlu ragu mengenai kualitas produk unggulan... Baca selengkapnya »

Shera Palangkaraya

Ditulis pada: 15 Januari 2019

Papan Shera Palangkaraya merupakan produk kayu berstandar atas yang diproduksi kelompok Mahaphant. Mahaphant dengan bangga mengembangkan berbagai produk unik di bawah merek SHERA yang bergengsi. SHERA memulai kisah yang sukses sejak tahun 1996 dengan produksi pertama dari rangkaian lengkap substitusi... Baca selengkapnya »

Fosroc Karawang

Ditulis pada: 13 Januari 2019

Fosroc Conbextra EP10TG Penggunaan Conbextra EP10 adalah epoxy resin epoksi bebas pelarut yang dirancang untuk memasang lebar celah 0,25 hingga 10mm. Ini adalah sistem cair yang terdiri dari basis dan pengeras. Komponen disediakan dalam proporsi campuran yang tepat yang dirancang... Baca selengkapnya »

Talang Metal Jawa Barat

Ditulis pada: 12 Januari 2019

Talang Metal Jawa Barat adalah salah satu produk talang yang terbuat dari bahan galvalume. Bahannya sangat kuat, tahan karat, tahan cuaca, dan terbilang ringan. Produk ini sangat cocok digunakan untuk keperluan talang rumahan, apalagi terdapat aksesoris yang lengkap, sehingga mempercantik talang.... Baca selengkapnya »

Show Buttons
Hide Buttons
error: Oops .. Maaf dilarang Copy Paste , langsung di print aja
Loading...